Senin, Agustus 04, 2014

Operator Relasi

Setelah kemarin kita belajar tentang Opertor Assigment(Penugasan) nah selanjutnya kita akan sama-sama belajar tentang Operator Relasi atau kalau menurut saya sendiri  ini adalah operator pembanding, kenapa? ya karna operator relasi selalu menghasilkan data boolean (TRUE/FALSE).

Penggunaan operator relasi ini paling banyak di gunakan untuk atau sering di tempatkan di sebuah percabangan/condition (if).

contoh penggunaan :

///di Assign ke dalam type data Operator Penugasan Boolean
int x = 110;
boolea bol = x  > 100;
// makan nilai boolean bol diatas adalah true 
//karena nilai x lebih dari 100


int x = 100;

if(x > 100){
//jika nilainya  TRUE
//lakukan sesuatu di sini

} 

Beberapa Operator Relasi/Pembanding:

Operator Pembanding

Operator Relasi >,<,>=,<= bisa digunakan untuk semua type data Bilangan Bulat, Bilangan Pecahan dan karakter (char) Baik dalam bentuk Variable maupun dalam bentuk Literal, Namun untuk Operator Relasi (==) dan (!=) semua type data bisa menggunakan Operator Relasi ini.

Namun harus diperhatikan ketika kita ingin membandingkan Type data Float atau Type Data Double karena ke dua type data ini adalah type data pecahan, kita hanya bisa membandingkan sampai sekian angka di belakang koma saja.

 Operator Relasi ini akan menjadi sangat kompleks jika di gunakan untuk membandingkan nilai dari type data reference.Perlu kita ketahui ketika kita dua buah type data reference  maka akan di sebut sebanding jika keduanya memiliki alamat yang sama atau dapat dipasikan bahwa ke dua data tersebut merujuk ke objek yang sama di dalam memory. Hati-hati menggunakan operator perbandingan terhadap type data wrapper class.

//penggunaan operator relasi pada wrapper class
Integer wrap = new Integer(1);
Integer  per = new Integer(1);
System.out.println(wrap == per);

//maka output kode ini akan menghasilkan nilai FALSE


Kenapa Demikian?
Karena variable wrap dan variable per di atas kedua-duanya menggunkan keyword new Integer() yang berarti kedua variable tersebut masing-masing membuat sebuah objek yang baru dan berbeda alamat satu sama lain.


//penggunaan operator relasi pada wrapper class
Integer wrap = 1;
Integer  per = 1;
System.out.println(wrap == per);

//maka output kode ini akan menghasilkan nilai TRUE

Kedua variable tersebut memiliki alamat/objek yang sama di dalam memory maka kembalian nilainya adlah true.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda