Sabtu, Agustus 16, 2014

Belajar Membuat Perulangan Dengan for di Java

Iterasi adalah suatu suatu intruksi perulangan yang ada di dalam semua bahasa pemrograman, salah satunya ialah java, Di dalam Java sendiri memiliki beberapa konsep perulangan, yaitu for, while dan do-while, for digunakan untuk melakukan iterasi kalau kita sudah mengetahui kapan perulangan itu akan berhenti,Di dalam penggunaan for ini kita menggunakan memerlukan tiga buah parameter di mana di dalamnya terdapat sebuah parameter awal atau bisa disebut sebagai parameter index,Parameter kedua adalah parameter yang akan memberikan limit atau batas akhir di mana perulangan itu akan berhenti,dan parameter yang terakhir adalah parameter yang berfungsi sebagai pengurang atau penambahan index perulangan untuk mencapai garis finish dalam sebuah perulangan.Jika kita ingin membuat sebuah perulangan dengan for maka wajib hukumnya untuk membuat parameter-parameter tersebut


for(parameter1;parameter2;parameter3){
//intruksi yang akan di ulang
}

Lihat kode di atas, cara membuat perulangan dengan for selalu di awali dengan keyword for,lalu di ikuti sebuah kurung buka dan kurung tutup dimna di dalamnya terdapat sebuah parameter index, sebuah parameter limit, sebuah parameter penambahan atau pengurangan, ketiga parameter tersebut harus di pisahkan dengan titik koma (;). setelah membuat parameter tersebut maka buatlah sebuah perintah atau kode yang akan di ulang didalam sebuah kurung awal dan kurung tutup. Lihat Contoh Di bawah.


public class LatihanPerulangan{
public static void main(String[] args){
String hello = "hello";
for(int i=0; i<10; i++)//parameter
{
System.out.println(hello+i);//kode yang akan di ulang
}//akhir dari for
}
}

Dari kode di atas maka hasilnya akan membuat aplikasi melakukan perulangan intruksi System.out.println(hello) yang di mulai dari i
sampai i<10, sedangkan parameter i++ berfungsi sebagai intruksi bagaimana variable i akan bertambah, hasil dari kode di atas adalah sebagai berikut:

hello0    
hello1
hello2
hello3
hello4
hello5
hello6
hello7
hello8
hello9
hello10 tidak akan di tampilkan, kenapa? karna perulangan akan di lakukan kalau i<10 bernilai true, jika false maka perulangan akan berhenti. Kode diatas adalah contoh iterasi atau perulangan secara bertambah atau maju.Lalu bagaimanacara jika kita ingin melakukan iterasi secara menurun atau mundur?coba kita perhatikan kode di bawah secara bersama-sama.

public class LatihanPerulanganMenurun{
public static void main(String[] args){
String mundur="mundur";
for(int i = 9 ; i>=0;i--)
{
System.out.println(mundur + " ke " + i)
}
}
}

Maka hasilnya akan seperti ini

mundur ke 9
mundur ke 8
mundur ke 7
mundur ke 6
mundur ke 5
mundur ke 4
mundur ke 3
mundur ke 2
mundur ke 1
mundur ke 0

Perulangan akan berhenti setelah i mencapai nilai 0,
Saya kira sampai di sini dulu ah belajarnya nanti kalau ada waktu kita sama-sama belajar lagi,:D

update::  Belajar Perulangan while di sini

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda