Selasa, Agustus 19, 2014

Belajar Perulangan Menggunakan While Di Java

Artikel sebelumnya mendokumentasikan bagaimana saya belajar perulangan menggunakan for di Java, Dan sekarang seperti yang sudah sya katakan sebelumnya bahwa pada artikel ini saya sedang belajar perulangan dengan menggunakan while, While biasa di gunakan untuk membuat sebuah perulangan yang di gunakan saat kita tidak tahu berapa kali perulangan akan di eksekusi, namun kita mengetahui   kapan perulangan akan berhenti dari sebuah kondisi.Bentuk sintaks while sangat sederhana berbeda dengan perulangan menggunakan for. Perulangan while hanya memerlukan sebuah parameter boolean true atau false selama kondisi ini masih true maka perulangan akan terus di eksekusi. dan sebaliknya.



boolean ulang = true;
while(ulang){
System.out.println("perulangan akan di lanjut selama nilainya masih true");
}


Deangan  Melihat kode di atas kita bisa mengetahui bagaimana sih cara membuat sebuah perulangan dengan menggunakan while. Sintaks while di awali dengan keyword while lalu di ikuti oleh sebuah kondisi di dalam kurung buka ddan kurung tutup (kondisi).setelah itu ada pasangan kurung kurawal buka dan tutup nyang mana di dalamnya adalah kode yang akan di eksekusi selama perulangan berlanjut.

Kita akan membuat sebuah  contoh kecil yang akan mengambil nilai waktu sekarang, mengetes apakah waktu sekarang ini kalau dibagi 3 sisanya 0, selama tidak memenuhi kondisi di atas maka iterasi dijalankan terus menerus. Kode untuk contoh di atas adalah seperti berikut ini :


public class WhileTest {
 public static void main(String[] args) {
    while(System.currentTimeMillis() % 3 != 0) {
       System.out.println("waktu sekarang dibagi 3 masih ada sisanya");
    }
 }
}


Jumlah perulangan dalam kode di atas tidak akan menentu,terkadang iterasi bisa terjadi banyak kali, sedikit kali atau bahkan tidak terjadi iterasi sama sekali. Namun satu hal yang pasti saat perulangan berhenti berarti kondisinya adalah false

Namun adakalanya kita membutuhkan perulangan yang setidaknya di lakukan sekali saja, kita dapat menggunakan perulangan do while yang akan kita pelajari sama-sama pada pertemuan berikutnya, Kalau ada yang masih belum paham atau ingin menambahkan mari kita berdiskusi dan belajar bersama.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda